Sabtu, 17 Juli 2010

Matematika dan Masa Depan


Subyek ini banyak mendapat perhatian lebih di berbagai negara maju seperti Jepang, Amerika, Jerman, Perancis dan sebagainya, pasalnya matematika mendasari berbagai teknologi modern dan bisnis. Oleh karena itu sejak para orang tua dan pendidik di negara-negara tersebut sudah mengenalkan pada anak-anak dan membuat mereka menyenangi Matematika. Perhitungan-perhitungan untuk menciptakan produk tertentu, penelitian-penelitian ilmiah dan untung rugi berbisnis menggunakan matematika. Sebagai contoh komputer pada awalnya adalah mesin hitung, seiring perkembangan komputer menjadi semakin canggih. Komputer bisa diprogram
sesuai kebutuhan manusia. Pengembangan komputer dan program aplikasi yang berada di dalamnya juga dibuat dengan peran matematika yang sangat kental. Program aplikasi mesin pencari web internet seperti Google, juga dibuat dengan program komputer yang berisi alur logika tertentu mengikuti aturan matematika. Larry Page dan Sergey Brin (Pendiri Google) adalah jago-jago matematika dan hobi computer sejak anak-anak.Perangkat handpone yang pada awalnya hanya untuk alat komunikasi dengan fungsi dasar yakni telpon dan sms, sekarang sudah kaya dengan berbagai aplikasi mirip komputer. Kembali Matematika punya peran besar untuk pembuatan program-program aplikasinya.

Sedangkan di Fisika lain lagi, ketika meluncurkan roket dan terbang ke ruang angkasa, satelit memakai hukum gravitasi Newton untuk perhitungannya. Perhitungan tersebutterdiri dari sangat banyak persamaan matematika. Dan tentu para astronotnya pun sangat mahir dan terlatih dengan berbagai simulasi dan pemodelan Matematika. Ekonom atau pebisnis juga membuat perkiraan berdasarkan Matematika. Insinyur-insinyur menggunakan matematika sangat banyak untuk berbagai pekerjaannya, misalnya insinyur sipil ketika membangun gedung atau jembatan maka perhitungan kekuatan konstruksi, waktu pelaksanaan proyek dan umur bangunan dibuat berdasar Matematika. Insinyur Kimia ketika membuat pabrik susu misalnya maka seberapa besar kapasitas, berapa banyak bahan baku tersedia dan dibutuhkan, kebutuhan pasar, penentuan kondisi operasi proses dalam menjalankan pabriknya juga berdasar Matematika. Ahli biologi menerapkan Matematika salah satunya untuk menghitung kecepatan perkembangbiakan bakteri atau vitus. Bahkan penentuan hari raya Idul Fitri juga menggunakan ilmu falak juga terdiri dari sejumlah perhitungan Matematika. Lengkap sudah Matematika diterapkan sebagai salah satu alat bantu utama dalam hidup ini.

Alasan-alasan itulah mengapa sejak dini Matematika perlu diperkenalkan untuk anak-anak. Membuatnya menjadi pelajaran yang menyenangkan adalah tantangan tersendiri. Matematika tentu bukan seluruhnya angka-angka yang bikin pusing kepala dan membosankan. Kit berikut akan membantu para murid untuk menyenangi Matematika sehingga pada masa depan bisa menerapkannya di profesi mereka atau mengembangkannya.


Luas Daerah Bangun Datar, Individual
Rp 326.250

Luas Daerah Bangun Datar, Klasikal

Rp 556.550


Macam-macam Bangun Datar

Rp 43.000



Volume Limas

Rp 60.500



Volume Balok dan Kubus

Rp 362.000


Volume Kerucut

Rp 53.750






Kit Matematika Sekolah Dasar
Harga Rp 33.000.000

-Sesuai dengan standar / spesifikasi DIKNAS bersertifikat HAKI dan P4TK Yogyakarta
-Terdiri 50 item alat klasikal dan individual
-Sesuai Kurikulum KTSP untuk kelas 1-6
- Bilangan (Aritmatika)
- Geometri dan Pengukuran
- Permainan Matematika
-Buku Panduan guru dan siswa
-CD Interaktif

50 item alat klasikal dan individual tersebut :
1. Bangun ruang massif
2. Bangun ruang transparan
3. Bangun ruang rangka
4. Volum balok dan kubus
5. Volum Prisma
6. Volum Prisma Segi enam
7. Volum Limas
8. Volum Kerucut
9. Volum Bola
10. Bangun Datar Individual / Kelompok
11. Bangun Datar Klasikal
12. Luas Daerah Bangun Datar Klasikal
13. Luas Bangun Datar Individual / Kelompok
14. Papan Petak Bermagnet 60 x 60 cm
15. Keping Permainan Aritmatika
16. Papan bermagnet 80 x 60 cm
17. Kartu Bilangan 1 – 10
18. Kartu Bilangan 11-20
19. Kartu Gambar
20. Kartu Operasi Bilangan
21 Blok Pecahan Klasikal
22. Blok Pecahan Individual / Kelompok
23. Pengenalan Uang Klasikal
24. Pengenalan Uang Klasikal
25. Blok Dienes Klasikal 3 Dimensi
26. Blok Dienes Klasikal 2 Dimensi
27. Blok Dienes Individual / Kelompok
28. Timbangan Bilangan
29. Mistar Bilangan Bulat
30. Papan Pencerminan
31. Muka Jam Klasikal
32. Muka Jam Individual / Kelompok
33. Kartu Permainan Gambar 1-5
34. Kartu Permainan Gambar 6-10
35. Kartu Permainan Pecahan
36. Kartu Permainan Penjumlahan kurang dari 20
37. Permainan Pencerminan Gambar
38. Permainan Aritmatika Lilitan
39. Nilai PI
40. Jaring-jaring (Model Luas Permukaan) Bangun Ruang
41. Papan berpaku
42. Tangram
43. Lantai permainan angka
44. Cepat tepat aritmatika
45. Buku penunjang Matematika Sekolah Dasar
46. CD Interaktif Matematika Sekolah Dasar
47. Buku Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar untuk Guru
48. Buku Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar untuk Siswa
49. Box Paket Matematika Sekolah Dasar
50. Lemari Penyimpanan Paket Matematika Sekolah Dasar




Peraga Geometri Bangun Ruang
Harga Rp 910.000
Terdiri dari :
1. Muka Jam
2. Busur Derajat
3. Balok
4. Kubus
5. Prisma Tegak Segitiga
6. Tabung
7. Kerucut
8. Bola
9. Limas Segiempat Beraturan
10. Limas Segilima Beraturan
11. Jaring-jaring Kubus
12. Jaring-jaring Balok
13. Jaring-jaring Tabung
14. Jaring-jaring Limas Segiempat Beraturan
15. Jaring-jaring Limas Segilima Beraturan
16. Jaring-jaring Prisma Tegak Segitiga
17. Jaring-jaring Kerucut
18. Luas Permukaan Bola


Untuk keterangan lanjut hubungi :
Dessy 081 328 700 502
Wiwik 081 328 719 145

"Suplemen" Training Edukasi


Seperti halnya tubuh pada saat tertentu butuh suplemen untuk tetap fit, begitu juga jiwa. Ketika tubuh letih maka minum akan membuat segar sebagai pelepas dahaga apalagi minuman tersebut diperkaya suplemen tertentu maka akan tubuh akan semakin segar bugar dan bersemangat.Belajar akan menyenangkan dan memberi tantangan tersendiri bila kondisi mood terjaga. Banyaknya pelajaran di sekolah yang harus dicerna dan dikuasai dan kegiatan keseharian di sekolah membuat jiwa cepat lelah dan bosan, akibatnya mood turun drastis. Saat-saat seperti itulah suplemen itu dibutuhkan.

Program training ini dirancang untuk memberi "bahan bakar ekstra" untuk menjaga mood tetap prima. Training ini sangat spesifik karena dirancang untuk edukasi. Di saat akan ujian dan liburan itulah saat paling pas untuk "mengkonsumsi" suplemen ini. Training juga tidak melulu harus outdoor, tapi bisa juga indoor. Materi training akan memandirikan siswa untuk terus mengeksplore dan mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi untuk dikuasai.

Kegiatan training meliputi aspek motorik, kognitif dan afektif memberi komposisi menu yang berimbang, sesuai kebutuhan siswa.Nah,kalau mood sudah balik lagi, maka belajar menjadi nikmat, interaksi sosial dengan teman dan guru lebih baik, latihan soal jadi gencar, PR akan dibabat habis dan cita-cita tinggi tetap tertanam. Berikut photo-photo kegiatan training edukasi kami:





Silahkan download disini untuk mendapatkan brosurnya :http://rapidshare.com/files/407540582/TRAINING_paket.pdf
Untuk info lanjut silahkan kontak : Mulyadi, 0818273506

Bumi yang kita pijak ternyata.......


Pada 27 Mei 2006, atau sekitar 4 tahun yang lalu sekitar jam 6 pagi tiba-tiba bumi yang saya pijak berguncang hebat, saya melihat kanan kiri rumah tetangga roboh. Alhamdulillah rumah saya tidak roboh hanya bagian dapur saja yang terjadi retak cukup parah. Sinyal handphone hilang, orang-orang panik berlarian, mencari selamat ataupun menyelamatkan keluarga, teman atau barang-barang berharga. Sungguh sangat dramatis dan histeris. Waktu itu malam harinya baru bisa melihat tayangan televisi dengan berita laporan gempa besar di Jogja sekitar 6 skala richter dengan korban jiwa ribuan jumlahnya. Selama berhari-hari akhirnya hidup di tenda dan banyak mendapat bantuan sembako dari berbagai pihak. Tentu ini pengalaman tak terlupakan dalam hidup saya.

Bumi ternyata terdiri dari lempengan-lempengan dinamis yang selalu bergerak. Akibat gerakannya tersebut bisa membuat terjadinya gempa bumi. Kadang gempa besar, kadang hanya kecil saja, bahkan pada tahun 2004 terjadi gempa besar di Aceh, hingga air laut masuk ke daratan. Orang-orang menyebutnya Tsunami. Gempa besar kadang memang bisa membuat terjadinya tsunami. Selalu waspada dan berjaga-jaga apabila terjadi gempa adalah upaya terbaik antisipasi gempa bumi, karena bencana ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.



Potensi gempa di Indonesia memang terbilang besar, sebab berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar yang aktif bergerak. Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda. Kemudian interaksi lempeng India-Australia, Eurasia dan Pasifik yang bertemu di Banda serta pertemuan lempeng Pasifik-Asia di Sulawesi dan Halmahera, terjadinya gempa juga berkaitan dengan sesar aktif. Di antaranya sesar Sumatera, sesar Palu, atau sesar yang berada di Papua. Ada juga sesar yang lebih kecil di Jawa seperti sesar Cimandiri, Jawa Barat.

Berhubung sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi baik waktu, tempat dan intensitas gempa di Indonesia, maka zona-zona yang masuk rawan gempa harus mendapat perhatian. Sejumlah wilayah di Indonesia berulang kali dilanda gempa bumi. Dalam retang waktu yang terbilang singkat gempa mengguncang Tasikmalaya, Yogyakarta, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Toli-toli, Sulawesi Tengah dan Padang. Indonesia sebagai Negara yang berpotensi Gempa & Tsunami di karenakan letak tanah kita yang berada di Ring of fire (lempeng tektonik). Akibat gempa tidak hanya merusakan bangunan, namun banyak menelan korban jiwa. Pada sejumlah daerah yang berpotensi gempa besar dan berlokasi di pinggir laut ancaman tsunami menjadi perhatian serius.





Potensi guncangan gempa di Indonesia meningkat dua kali lipat sepanjang tahun 2002-2010. Di Aceh, pada tahun 2002 tingkat guncangan 0,2 g (gravitasi) menjadi 0,33 g pada tahun 2010. Kemudian di Padang, pada 2002 tingkat guncangan 0,25 g menjadi 0,32 g. Di pulau Jawa, tingkat goyangan meningkat dari 0,15 g menjadi 0,2 g. Yang juga meningkat adalah Ibukota Negara, Jakarta. Kondisi Kota Yogyakarta
dan Klaten yang berada diatas lempeng Tektonik, jelas sangat berpotensi terjadinya gempa (termasuk Zona Rawan Gempa) yang harus mendapat perhatian.

Ada tiga pendekatan untuk mengantisipasi terjadinya gempa agar tidak menimbulkan dampak yang besar :

Pertama, pendekatan struktural yakni mengikuti kaidah-kaidah konstruksi yang benar dan memasukan parameter kegempaan dalam mendirikan bangunan (rumah tahan gempa), rumah jenis ini tidak identik
mahal namun dibangun sederhana tapi memerhatikan parameter kegempaan.

Kedua, pendekatan nonstruktural dengan membuat peta rawan bencana gempa. Informasi potensi gempa ini dimasukan dalam perencanaan wilayah.

Ketiga, intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pemahaman dan pelatihan penyelamatan dampak gempa (baik secara langsung mapun jalur pendidikan).

Upaya mengenalkan bumi yang kita pijak dan dinamikanya akan lebih mudah bila peraga tentang bumi berikut dimiliki oleh setiap sekolah dasar. Produk tersebut antara lain :



Globe, pilihannya :
Globe Physical, diameter 10 cm Rp 74.500
Globe Physical, diameter 13 cm Rp 92.000
Globe Physical, diameter 25 cm Rp 234.000
Globe Physical, diameter 30 cm Rp 249.500
Globe Physical, diameter 30 cm (ring besi) Rp 585.000
Globe Physical, diameter 32,5 cm Rp 295.000
Globe Physical, diameter 42,5 cm Rp 450.000


Model Lapisan Kerak Bumi
Rp. 854.750




Model Lapisan Bumi
Rp. 356.850

Model Permukaan Lipatan Bumi (4 model/set)
Rp. 1.350.000



Model Patahan Permukaan Bumi (6 model/set)
Rp. 1.678.900





Model Patahan dan Lipatan Permukaan Bumi (2 model/set)
Rp. 579.750



Model Tsunami (3 model/set)
Rp. 1.360.850


Untuk mendapatkannya silahkan kontak :
-Dessy 081 328 700 502
-Wiwik 081 328 719 145
atau email : cedu.sd@gmail.com

Kamis, 15 Juli 2010

Inovasi, Hanya itu yang Kita Butuhkan

Belajar dari berbagai kesuksesan berbagai negara maju, adalah keberanian melakukan inovasi. Inovasi sebagai kata kunci untuk kemajuan peradaban. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah modal utama untuk melakukan inovasi di berbagai bidang. Pendidikan sebagai media mendapatkan pengetahuan akan mempunyai peran sangat besar bagi kesuksesan individu ataupun negara di masa mendatang.

Hanya individu-individu yang berani berinovasi akan membuat perbedaan. Komputer adalah asalah satu produk inovasi yang diciptakan dengan semangat inovasi. Batas akhir inovasi adalah langit di atas sana dan luas dalamnyanya samudera. Sekali terjebak dalam samudera inovasi, gelombang kreativitas akan menerjang, angin motivasi akan menderu, untuk terus berkarya mempersembahkan sesuatu yang berarti dalam hidup.

Produk peta kami dengan citarasa scientific, artistik, uptodate dan design modern dengan tidak menghilangkan fungsi utamanya, akan memudahkan proses belajar mengajar di sekolah, mengakselerasi pemahaman siswa. Belajar itu menyenangkan, itulah yang akan kita tanamkan. Berikut sejumlah produk kami :


Peta Indonesia dengan 33 Provinsi

Peta Benua Afrika

Peta Benua Eropa

Peta Pulau Jawa



Kami menyediakan pilihan bahan, yakni kertas dan plastik. Semua full colour. Selain dengan bingkai kayu (gulung) yang bisa dipasang di dinding kami juga menyediakan peta lipat. Harga mulai dari 22.800 rupiah. Belum termasuk ongkos kirim.
Untuk mendapatkan katalog lengkap dan daftar harga produk peta, silahkan klik http://rapidshare.com/files/407390530/Katalog_Peta.pdf

Untuk informasi lebih lanjut hubungi marketing kami :
Dessy 081 328 700 502
Wiwik 081 328 719 145
Telpon (0274) 3031539
atau email cedu.sd@gmail.com