Pendidikan Investasi Tak Ternilai Harganya


Pendidikan selalu berkorelasi positif terhadap kemajuan suatu bangsa. Besarnya rasio orang terdidik berdampak tingginya kualitas sumberdaya manusia bangsa tersebut. Pendidikan untuk membangun manusia seutuhnya, sehingga manusia menjadi khalifah Allah di muka bumi yang berarti mampu mengolah sumberdaya alam untuk kesejahteraan hidupnya, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian alam tersebut atau dengan bijaksana memanfaatkannya.

Teknologi-teknologi canggih dilahirkan dari orang yang berpendidikan dan mampu terus untuk mengembangkannya. Islam juga memberi apresiasi sangat tinggi terhadap pendidikan atau khususnya ilmu pengetahuan. Kewajiban mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim sampai akhir hayatnya, segala sesuatu ada ilmunya, jangan mengikuti sesuatu bila tidak tahu ilmunya. Adalah beberapa inti hadist Nabi Muhammad SAW yang mendorong muslim untuk terus meningkatkan ilmunya. Dalam Qs. Ar Rahman:33 Allah SWT berfirman ” Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.” Kekuatan dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai dengan nilai-nilai agama akan membawa kebaikan bagi seluruh alam, sedangkan apabila tanpa agama akan hampa, tanpa makna dan merusak kehidupan alam semesta. Pendidikan yang lengkap (komprehensif) akan menyatukan kedua unsur tersebut. Sebuah ungkapan menyatakan dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan seni hidup jadi indah dan dengan agama hidup jadi terarah. Dalam hadist lain Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa ilmu yang bermanfaat adalah salah satu amal yang terus dibawa (kekal) setelah mati.


Metode dan pola-pola baru pembelajaran (inovasi) perlu terus ditumbuhkan untuk menjawab berbagai permasalahan baru yang semakin kompleks. Program-program sekolah yang selalu progresif dan diikuti oleh kemauan kuat warga sekolah untuk menjadi lebih baik akan membuat sekolah hidup dan didukung oleh seluruh masyarakat. Suksesnya Pendidikan pada dasarnya adalah tanggung jawab bersama antara individu, keluarga dan negara / masyarakat. Ketiga komponen tersebut harus sejalan dan saling menguatkan.

Sarana pendukung juga memiliki peran penting suksesnya pembelajaran di sekolah. Sarana yang tidak lengkap dan tidak uptodate dengan perkembangan terkini membuat proses pembelajaran tidak maksimal, sehingga lulusan kurang adaptif terhadap realita di lapangan. Kami bangga menjadi mitra sekolah untuk membantu memenuhi kelengkapan sarana pembelajaran dan mengisi berbagai program pendukung untuk suksesnya pembelajaran di sekolah untuk mencetak manusia yang bermanfaat.

Tulisan perdana kami ini, mengawali langkah kami di dunia pendidikan dan harapannya terus berkelanjutan. Bismillahirahmaanirahiim, semoga Allah SWT meridhoi usaha kita bersama ini. Amin

Komentar