Pentingnya Mendidik Anak Secara Islami


Dari kandungan Al Quran dan praktek Rasulullah SAW dalam mendidik para sahabat serta praktek para sahabat dalam mendidik anak-anak mereka, kita memperoleh isyarat, petunjuk dan sinyal berharga untuk membangun dan membina pengetahuan pendidikan Islam sebagai suatu prinsip pengetahuan itu sendiri yang mencakup berbagai cabang dan aspek pendidikan. Salah satu aspek pendidikan Islam adalah asas pendidikan Islam.

Asas pendidikan yang Islami harus diketahui oleh orang tua dan guru. Yang dimaksud asas pendidikan Islam adalah dasar atau rumus yang kita gunakan sebagai langkah melaksanakan pendidikan Islam agar diperoleh hasil yang sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan jiwa, kepribadian dan karakter anak didik menurut tingkatan dan kemampuannya. Asas pendidikan Islam haruslah mengacu kepada Al Quran dan Hadits-Hadits Rasulullah yang shahih, bukan pikiran dan pendapat yang dikemukakan oleh mereka yang dianggap ahli dalam pendidikan ala Barat.

Dengan berpegang pada kedua sumber tersebut, insyaAllah kita akan mampu mengelola pendidikan Islam dengan baik dan melahirkan anak didik sesuai dengan kehendak Islam karena kita mengikuti rumus yang ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya berkenaan dengan sifat dan tabiat manusia yang menjadi obyek didik.
Salah satu sebab kegagalan kita melakukan pendidikan Islam adalah karena para pendidik atau orang tua nyaris tidak mengerti asas-asas pendidikan yang digariskan Islam sehingga upaya melakukan pendidikan jauh dari yang dikehendaki Islam. Tulisan-tulisan singkat berikutnya semoga membantu kita memahami asas pendidikan Islam tersebut.
(Sumber dari buku 25 Asas Islami Mendidik Anak, Drs. Muhammad Thalib)

Komentar