Asas 1 : Mengulang-ulang




Dari Anas ra., : “Nabi saw, biasa mengulangi ucapannya tiga kali supaya dapat dipahami (pendengarnya).” (HR. Tirmidzi no. 3573 CD dan Hakim)

Rasulullah saw biasa mengulangi kata-kata yang disampaikan kepada pendengarnya sampai tiga kali. Hal ini dimaksudkan agar pendengar benar-benar memahami dengan tepat apa yang disampaikan beliau.

Tujuan menyampaikan materi pengajaran atau pendidikan adalah menjadikan anak didik atau pelajar memahami apa yang disampaikan oleh pendidik atau pengajar. Oleh karena itu, perlulah pendidik atau pengajar mengulangi beberapa kali materi yang diberikan kepada anak didik atau pelajar agar mereka benar-benar memahami dan mengerti pelajaran yang diberikan kepadanya.

Bila seorang pendidik atau pengajar bersikap apriori terhadap anak didik atau pelajarnya, apakah mereka memahami atau tidak materi yang disampaikan, sesungguhnya pendidik atau pengajar seperti ini tidak bertanggungjawab dan melakukan kezhaliman kepada anak didik atau pelajar. Sikapnya merupakan perbuatan tercela menurut pandangan Islam. Demikianlah karena pendidik atau pengajar bertanggung jawab menjadikan anak didik atau pelajarnya mengerti sehingga mereka dapat mengamalkan pengetahuan yang didapatnya agar menjadi orang berilmu dan beramal shalih.

Jadi, asas pendidikan Islam yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh para pendidik dan pengajar adalah mengulang-ulang materi yang diajarkan agar anak didik atau pelajar benar-benar memperoleh manfaat dari materi yang diberikan kepadanya.

(Sumber dari buku 25 Asas Islami Mendidik Anak, Drs. Muhammad Thalib) 

Komentar