Memperkenalkan Teknologi Kendaraaan Pada Anak


Setiap hari kita melihat kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Semakin hari jumlahnya semakin banyak. Kendaraan tersebut menggunakan bahan bakar minyak bumi sebagai sumber energinya. Secara prinsip sebenarnya teknologi mesin tersebut tidak berubah. Mesin dari kendaraan itu berputar secara terus menerus sehingga kendaraan bisa bergerak dan berjalan yang dikemudikan oleh pengendaranya.

Pada umumnya anak-anak menyukai kendaraan berupa mainan yang menumbuhkan imajinasi mereka tentang alat transportasi tersebut. Hampir semua anak berkeinginan suatu hari bisa memiliki kendaraan tersebut atau bahkan berprofesi sebagai pembalap. Alangkah baiknya jika hal-hal diatas dijembatani melalui jalur yang lebih mendidik yakni dengan memperkenalkan teknologi inti mesin pada kendaraan tersebut. Pengetahuan ini akan membantu memahami cara kerja suatu kendaraan, bagaimana menggunakannya atau bahkan mengembangkan pada masa depan.


Teknologi mesin pada sepeda motor atau mobil adalah menggunakan jenis mesin 2-tak dan mesin 4-tak. Siklus kerja mesin tersebut seperti gambar ilustrasi dibawah ini :





Sebuah model dari bahan akrilik sehingga transparant (tembus pandang) bisa dibuat untuk lebih memahami kinerja mesin tersebut. Guru dan siswa bisa mencoba peralatan tersebut dikelas, denan disertai penjelasan teknologi tersebut secara memadai. Dan karena belajar tidak hanya di sekolah dan di ruang kelas saja, maka mengunjingi bengkel, museum atau pabrik kendaraan juga bisa dilakukan untuk semakin menambah pemahaman tersebut. Buku yang menceritakan teknologi tersebut pada sepeda motor dan mobil, bisa didapatkan di sini dan di sini.




Sementara sepeda motor dan mobil listrik juga sudah mulai dikembangkan tetapi karena masih ada sejumlah keterbatasan sehingga saat ini belum banyak digunakan.     

Komentar