Ada
kalanya suatu peraga dibuat khusus berdasarkan kebutuhan spesifik
suatu sekolah atau lembaga pendidikan. Kebutuhan peraga yang spesifik
itu bisa saja muncul karena adanya tambahan pembelajaran yang
sifatnya melengkapi dari kurikulum yang digunakan, ataupun karena
memang mengembangkan kurikulum sendiri yang menjadi ciri khas atau
pembeda dengan sekolah atau lembaga pendidikan tersebut dengan pada
umumnya. Hal ini tentu menarik asalkan sesuai tujuan, kerangka, pola
dan sistem pendidikan yang benar. Kekhasan atau ciri khas pendidikan
sekolah ini menjadi daya tarik bagi peserta didik.
Sedangkan
di sisi yang lain bagi pembuat atau pengembang suatu peraga ada suatu
batas minimal atau nilai keekonomian untuk pembuatan suatu jenis
peraga tertentu. Hal ini kadang menjadi suatu masalah, sehingga
akhirnya peraga tersebut tidak jadi untuk dibuat. Saat ini juga telah
umum banyak berdiri sekolah-sekolah swasta yang memiliki group atau
jaringan sendiri misalnya dengan membuat semacam laboratorium bersama sehingga untuk mendapatkan jumlah minimal tersebut
menjadi tidak sulit. Bisa juga membuat suatu unit peraga tertentu
untuk digunakan bersama-sama untuk seluruh group arau jaringan
sekolah tersebut karena kesamaan tujuan dan metode pendidikan yang
digunakan. Dalam banyak hal tema seperti potensi sumber daya alam,
dan perkembangan ilmu dan teknologi, menjadi dasar pembuatan peraga
tersebut. Misalnya indonesia yang kaya akan potensi perairan dan teknologi mesin pada kendaraan.
Peraga
adalah bagian dari sarana dan prasarana pendidikan untuk memudahkan
pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran tertentu. Dalam
banyak hal peraga cukup efektif untuk memudahkan pemahaman peserta
didik. Sekolah-sekolah yang banyak menganggarkan pendidikan untuk
peraga biasa memiliki level kualitas pendidikan yang bagus. Negara
yang memiliki tanggungjawab pendidikan bagi semua warga negara
seperti tertulis dalam UUD 1945, tentunya juga memudahkan
terselenggara pendidikan tersebut serta peningkatan mutunya.
Komentar
Posting Komentar